me

me

Minggu, 10 November 2013

Again......Unpredictable vacation. It's Pangandaran (part 8)



Our last day on this vacation


Pagi hari kita sudah jalan berdua si ayah, masih menikmati  kebersamaan sisa semalam. Berjalan berdua, menyusuri pantai timur pangandaran, berjalan menuju dek pelabuhan watersport . Ternyata di kaki kaki pancangan tiang bambu dermaga watersport itu kalo pagi2 kita masih bisa melihat beberapa ikan hias yang berenang serta kepiting2 kecil, yang berusaha menaiki tiang pancang setelah kepayahan diterpa ombak. Sayang, 2 hari di pangandaran ini kita sama sekali gak ketemu dengan sunrise. Padahal sunset kemaren gilaaaa..... bagus bangetsssss. Tapi pagi ini, matahari baru tampak setelah kira kira satu tombak diatas permukaan air laut. Kemarin juga begitu. 
sunrise hunter

So setelah yakin kalo pagi ini juga kita gak bakalan ketemu sama sunrise maka, langsung kita cabut. First thing first. Apa itu?? Mengganti stock baju yang gak bisa kering. Hehe. Yups it’s shopping time......hoooraayyyyyy..........masing2 1 stel, ayah, karena kemaren di batu karas celananya udah kebasahan, jadi udah dapet panjer celana duluan, jadi tinggal atasan, ajah. Mak’ nya yaa cukuplah, baju sama ikan asin, total yaa nggak keitung deh. Abisnya beneran ini sih khan accidental diluar budget, kalo aja sore kemaren pada nggak basah2an di pantai mah..........., ah teteup wee pengen shopping2. Itu mah udah bawaan lahir. Ciri genetiknya udah kuat banget.

Mas Nur Our Guide, cek di khrisna hotel
Dan akhirnya, saat yang ditunggu – tunggu akhirnya tiba juga. Keuntungan lain dari nginep di kembar mas 2 adalah, didepan hotel banyak pedagang2 bertenda yang juga menyediakan bangku2 pinggir pantai, sekaligus jual kelapa muda, makanan ringan (yaaa, mie2 kemasan dalam gelas lumayan lah buat penghangat badan) kopi teh, ban renang, boogey boat(papan selancar), dan karena kita nginepnya tetanggaan dengan mereka kita gak perlu dulu, bawa – bawa dompet buat bayar satu persatu. Pokoknya kita nikmatin aja dulu, pantai masih dingin2 yaa kita pesen mie instant dulu, anak2 mau pada berenang yaa pada sewa ban masing – masing, bosan dengan ban ganti pengen pake selancar, yaa sok, gak terasa hari mulai siang panas mulai menyengat, sebutir es degan yang masih cengkir (kelapa yang masih muda banget yang daging kelapanya masih hanya selembar )tentunya bisa menyegarkan kami, kelak kalo semua udah selesai baru deh itung2an. Dikejauhan kami melihat ternyata si mas nur sudah duduk manis menunggu kami yang sedang berenang. Lagi-lagi kita lupa waktu. 

Ok. It’s time to get real, ayolah. Renangnya harus segera di akhiri. Persiapan untuk adventure di hari terakhir. Tapi ternyata, keluar dari pantai bukannya segera mandi, malahan pindah berenang. Dari pantai pindahke kolam, hadeuuuuhhhh, repotnyaaaaa, repotnyaa,,,,,, kalo kawan dari negri sebrang mangece’, paniang kepalo tak ada pembantu ni. 

But semua kesulitan pasti ada akhirnya. Asalkan kita tekun, satu persatu diberesin, pasti bakalan selesai juga. Lets see, baju tidur semalam, aneka gadget, laptop, playstasion, hp kaka, iput, mas. Kacamata renang, fin, mandi mandi, sarapan, peralatan yang diperluin buat travelling hari ini, so, it take almost 2 hour. Dari jam 9 dan sekarang udah jam11. Udah deh sekalian check out, barang-barang bawa packing di mobil, tidak lupa kita pesan sama mba dwi, bahwa kita mau titip mobil, plus kita nanti mau ikut numpang mandi di area bilas kolam renang hotel, dan mba dwi pun ngijinin. 

So let’s go........
Hari ini kita akan mencoba untuk hiking, masuk ke kawasan cagar alam, hutan wisata pangandaran, ini adalah our another experience. Satu hal, wisata ini sarat dengan edukasi, kalo kita jelasin disini kayaknya bakalan nambah 10 part lagi deh.  Tapi serius, ini seru, hanya saja kayaknya bukan hal yang menyenangkan buat menyimak di blog, loe loe semuanya musti ngalemin sendiri, semua yang guweh alemin. Seperti, gimana parnonya gw saat dideketin sama monyet liar yang mencari makan dari tangan para pengunjung, melihat dari dekat situs batu kalde, yang konon area itu masih banyak digunakan oleh sebagian orang untuk bermeditasi.

 Ada lagi penjelajahan gua, gua lanang, gua parat, disana kita bisa melihat stalaktit dan stalakmit. Lalu kita melihat juga landak hutan yang berada di salah satu gua itu. Carvus timorensis atau rusa hutan, juga tampak di hutan cagar alam ini. Dan buat foto2 absolutely it’s feel not in Indonesia anymore, dengan banyaknya daun yang berguguran kita serasa ada di belahan dunia 4 musim. And it feels like autumm. 






Too bad, penjelajahan kita sedikit terganggu. Saat itu di areal cagar alam sedang dipake shooting salah satu acara dari md entertaintment. Tampak juga, disana salah satu mantan pasangan vokalis salah satu band ternama negri ini, yang biasa ngisi juga acara musik dipagi hari, sedang menunggu jadwal take. But please, it’s not one of my passion.  Actually with this crowd, it’s make a little bit disturb, to our vacation. 

Masuk ke sebuah gua adalah satu pengalaman baru buat anak2.
With Rob, one of traveller writer, from Canary Island

Gua pertama yang kita eksplore. Mukanya masih pada tegang, mau masuk gua teh kaya mau di apaiiiiiin gitu..

Jalan keluar dari Gua Parat / Gua Keramat


Ticket masuk cuma Rp 3.000 rupiah (kalo gak lupa) tapi banyak banget situs yang bisa kita liat. Worthed banget..

Dan perjalanan kita diakhiri dengan pendakian satu bukit kecil dan yippieeeee....... its a white sand beach, terhampar di hadapan kita. Lengkap dengan para anak muda yang menjajakan jasa penyewaan life jacket lengkap dengan masker. Yup kita akan mencoba SNORKLING..... yeeeeeee.....

Besok di episode terakhir kita bahas semua tentang snorkling kita, include dengan price list, dll jadi don't miss our last part story yaa........


Tidak ada komentar:

Posting Komentar